SOAL BIOLOGI SMA KELAS X KURIKULUM 2013
SOAL BIOLOGI SMA KELAS X KURIKULUM 2013, ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2014/2014 MATA PELAJARAN Biologi KELAS/PROGRAM X
1. Makhluk hidup dapat mempertahankan jenisnya ini merupakan karakteristik dasar makhluk hidup!
A. Pertumbuhan dan perkembangan
B. Metobalisme
C. Respon terhadap rangsang
D. Beradaptasi
E. Reproduksi
2. Objek Kajian IPA adalah benda
A. Yang ada disekitar kita
B. Konkret di alam yang dapat ditangkap indera
C. Konkret dan abstrak
D. Yang dapat diobservasi dengan menggunakan alat bantu saja
E. Yang berupa fosil
3. Cabang biologi yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup berdasarkan kelas-kelas tertentu adalah …
A. Mikrobiologi
B. Klasifikasi
C. Teralogi
D. Ekologi
E. Morfologi
4. Seseorang menderita kanker paru-paru merupakan salah satu contoh permasalahan biologi yang terjadi pada tingkat …
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. System organ
E. Individu
5. Dalam perkembangannya, bidang pertanian mampu menemukan tanaman-tanaman bibit unggul. Cabang biologi yang berperan penting peranannya dalam penemuan bibit unggul ialah …
A. Ekologi
B. Botani
C. Genetika
D. Anatomi
E. Patologi
A. Pertumbuhan dan perkembangan
B. Metobalisme
C. Respon terhadap rangsang
D. Beradaptasi
E. Reproduksi
2. Objek Kajian IPA adalah benda
A. Yang ada disekitar kita
B. Konkret di alam yang dapat ditangkap indera
C. Konkret dan abstrak
D. Yang dapat diobservasi dengan menggunakan alat bantu saja
E. Yang berupa fosil
3. Cabang biologi yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup berdasarkan kelas-kelas tertentu adalah …
A. Mikrobiologi
B. Klasifikasi
C. Teralogi
D. Ekologi
E. Morfologi
4. Seseorang menderita kanker paru-paru merupakan salah satu contoh permasalahan biologi yang terjadi pada tingkat …
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. System organ
E. Individu
5. Dalam perkembangannya, bidang pertanian mampu menemukan tanaman-tanaman bibit unggul. Cabang biologi yang berperan penting peranannya dalam penemuan bibit unggul ialah …
A. Ekologi
B. Botani
C. Genetika
D. Anatomi
E. Patologi
6. Sikap ilmiah yang harus dimiliki untuk mengadakan penelitian adalah …
A. Ingin tahu, objektif
B. Ingin tahu, subjektif
C. Objektif, subjektif
D. Bekerja keras dan tergesa-gesas
E. Tekun dan tidak percaya diri
7. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah …
1) Mengumpulkan data
2) Merumuskan hipotesis
3) Menarik kesimpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan percobaan
6) Menyusun teori
Urutan metode ilmiah yang benar adalah
A. 1 → 2 → 3 → 4 → 5 → 6
B. 2 → 1 → 5 → 4 → 3 → 6
C. 2 → 1 → 4 → 5 → 3 → 6
D. 4 → 1 → 5 → 2 → 3 → 6
E. 4 → 1 → 2 → 5 → 3 → 6
8. Langkah pertama dalam penelitian ilmiah adalah …
A. Melakukan eksperiman
B. Observasi hasil pengamatan
C. Analisa data
D. Identifikasi masalah
E. Merancang eksperimen
9. Pohon aren, pohon kelapa, pohon nipah merupakan keanekaragaman hayati tingkat
A. Gen
B. Jenis
C. Komunitas
D. Bioma
E. Ekosistem
10. Hewan yang termasuk dalam fauna tipe peralihan adalah …
A. Siamang dan orang utan
B. Kera dan burung rangkong
C. Badak bercula satu dan banteng
D. Anoa dan komodo
E. Burung cendrawasih dan kangguru
11. Urutkan tingkatan takson dari yang terendah smpai yang tertinggi yaitu …
A. Species → Familia → Ordo → Genus → Classis → Divisio → Kingdom
B. Species → Familia → Genus → Ordo → Classis → Divisio → Kingdom
C. Species → Genus → Familia → Ordo → Classis → Divisio → Kingdom
D. Species → Genus → Familia → Classis → Ordo → Divisio → Kingdom
E. Species → Genus → Classis → Ordo → Familia → Divisio → Kingdom
12. Penulisan nama ilmiah yang benar sesui aturan dalam binomial nomenklatur adalah …
A. Oryza sativa
B. Oriza Sativa
C. Oryza sativa
D. Oriza Sativa
E. Oriza Sativa
13. Gari khayal yang memisahkan fauna indonesia bagian barat dan wilayah peralihan adalah garis …
A. Weber
B. Wallace
C. Khatulistiwa
D. Lintang
E. Bujur
14. Hewan berikut ini dilindungi, anggota primata primitif, hidup endemik di hutan sulawesi. Ukurannya kecil, aktif malam hari, hewan yang dimaksud adalah
A. Komodo
B. Maleo
C. Orang Utan
D. Burung Cendrawasih
E. Tarsius
15. Hutan hujan tropis merupakan paru-paru bumi, merupakan salah satu contih manfaat keanekaragaman dalam …
A. Ekonomi
B. Ekologi
C. Farmasi
D. Ilmu Pengetahuan
E. Keuangan
16. Salah satu contoh pelestarian secara in situ adalah
A. Cagar alam
B. Kebun kolesi
C. Kebun plasma nutfah
D. Kebun raya
E. Kebun binatang
17. Virus dikatakan benda tak hidup karena …
A. Hanya mempunyai DNA atau RNA saja
B. Tidak memiliki Organel-organel metabolik
C. Hanya dapat hidup pada tubuh makhluk hidup
D. Dapat dikristalkan, dan tidak mempunyai protoplasma
E. Bereproduksi pada tubuh makhluk hidup
A. Ingin tahu, objektif
B. Ingin tahu, subjektif
C. Objektif, subjektif
D. Bekerja keras dan tergesa-gesas
E. Tekun dan tidak percaya diri
7. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah …
1) Mengumpulkan data
2) Merumuskan hipotesis
3) Menarik kesimpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan percobaan
6) Menyusun teori
Urutan metode ilmiah yang benar adalah
A. 1 → 2 → 3 → 4 → 5 → 6
B. 2 → 1 → 5 → 4 → 3 → 6
C. 2 → 1 → 4 → 5 → 3 → 6
D. 4 → 1 → 5 → 2 → 3 → 6
E. 4 → 1 → 2 → 5 → 3 → 6
8. Langkah pertama dalam penelitian ilmiah adalah …
A. Melakukan eksperiman
B. Observasi hasil pengamatan
C. Analisa data
D. Identifikasi masalah
E. Merancang eksperimen
9. Pohon aren, pohon kelapa, pohon nipah merupakan keanekaragaman hayati tingkat
A. Gen
B. Jenis
C. Komunitas
D. Bioma
E. Ekosistem
10. Hewan yang termasuk dalam fauna tipe peralihan adalah …
A. Siamang dan orang utan
B. Kera dan burung rangkong
C. Badak bercula satu dan banteng
D. Anoa dan komodo
E. Burung cendrawasih dan kangguru
11. Urutkan tingkatan takson dari yang terendah smpai yang tertinggi yaitu …
A. Species → Familia → Ordo → Genus → Classis → Divisio → Kingdom
B. Species → Familia → Genus → Ordo → Classis → Divisio → Kingdom
C. Species → Genus → Familia → Ordo → Classis → Divisio → Kingdom
D. Species → Genus → Familia → Classis → Ordo → Divisio → Kingdom
E. Species → Genus → Classis → Ordo → Familia → Divisio → Kingdom
12. Penulisan nama ilmiah yang benar sesui aturan dalam binomial nomenklatur adalah …
A. Oryza sativa
B. Oriza Sativa
C. Oryza sativa
D. Oriza Sativa
E. Oriza Sativa
13. Gari khayal yang memisahkan fauna indonesia bagian barat dan wilayah peralihan adalah garis …
A. Weber
B. Wallace
C. Khatulistiwa
D. Lintang
E. Bujur
14. Hewan berikut ini dilindungi, anggota primata primitif, hidup endemik di hutan sulawesi. Ukurannya kecil, aktif malam hari, hewan yang dimaksud adalah
A. Komodo
B. Maleo
C. Orang Utan
D. Burung Cendrawasih
E. Tarsius
15. Hutan hujan tropis merupakan paru-paru bumi, merupakan salah satu contih manfaat keanekaragaman dalam …
A. Ekonomi
B. Ekologi
C. Farmasi
D. Ilmu Pengetahuan
E. Keuangan
16. Salah satu contoh pelestarian secara in situ adalah
A. Cagar alam
B. Kebun kolesi
C. Kebun plasma nutfah
D. Kebun raya
E. Kebun binatang
17. Virus dikatakan benda tak hidup karena …
A. Hanya mempunyai DNA atau RNA saja
B. Tidak memiliki Organel-organel metabolik
C. Hanya dapat hidup pada tubuh makhluk hidup
D. Dapat dikristalkan, dan tidak mempunyai protoplasma
E. Bereproduksi pada tubuh makhluk hidup
18. Laidraw and Stuart Harris (1933 – 1936) adalah penemu virus…
A. HIV
B. Ebola
C. Influenza
D. H5N1
E. Flavivirus
19. Senyawa kimia pembangun Virus bakteriofage T4 adalah DNA dan …
A. Karbohidrat
B. Kolesterol
C. Asam amino
D. Lipid
E. Protein
20. Tahapan reproduksi virus secara litik yang benar adalah …
A. Adsorbsi → sintesis → Infeksi → Perakitan → lisis
B. Adsorbsi → sintesis → Perakitan → Injeksi → lisis
C. Adsorbsi → Infeksi → perakitan → sintesis → lisis
D. Adsorbsi → sintesis → Infeksi → Perakitan → lisis
E. Adsorbsi → Infeksi → sintesis → Perakitan → lisis
21. Virus HIV sangat berbahaya karena menyerang …
A. Sistem perdaran darah
B. Sistem kekebalan tubuh
C. Sistem transportasi
D. Sistem reproduksi
E. Sistem ekskresi
22. Prnyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus adalah …
A. Kanker
B. Herpes
C. Mosaik
D. Tetelo
E. Paroot fever
23. Partisipasi yang dapat dilakukan remaja untuk manangulanggi virus yaitu …
A. Menjaga kebrsihan rumah dan sekolah saja
B. Berteman dengan teman yang pintar saja
C. Merokok di tempat yang diperbolehkan merokok
D. Makan, makanan dari pabrik
E. Tidak merokok
A. HIV
B. Ebola
C. Influenza
D. H5N1
E. Flavivirus
19. Senyawa kimia pembangun Virus bakteriofage T4 adalah DNA dan …
A. Karbohidrat
B. Kolesterol
C. Asam amino
D. Lipid
E. Protein
20. Tahapan reproduksi virus secara litik yang benar adalah …
A. Adsorbsi → sintesis → Infeksi → Perakitan → lisis
B. Adsorbsi → sintesis → Perakitan → Injeksi → lisis
C. Adsorbsi → Infeksi → perakitan → sintesis → lisis
D. Adsorbsi → sintesis → Infeksi → Perakitan → lisis
E. Adsorbsi → Infeksi → sintesis → Perakitan → lisis
21. Virus HIV sangat berbahaya karena menyerang …
A. Sistem perdaran darah
B. Sistem kekebalan tubuh
C. Sistem transportasi
D. Sistem reproduksi
E. Sistem ekskresi
22. Prnyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus adalah …
A. Kanker
B. Herpes
C. Mosaik
D. Tetelo
E. Paroot fever
23. Partisipasi yang dapat dilakukan remaja untuk manangulanggi virus yaitu …
A. Menjaga kebrsihan rumah dan sekolah saja
B. Berteman dengan teman yang pintar saja
C. Merokok di tempat yang diperbolehkan merokok
D. Makan, makanan dari pabrik
E. Tidak merokok
24. Bakteri yang mampu mengubah zat organik menjadi organik denan energi dari cahaya disebut …
A. Bakteri autrotof
B. Bakteri heterotrof
C. Bakteri kemoautrotof
D. Bakteri fotoautrotof
E. Bakteri gram negative
25. Anggota Archaebacteria yang hidup di lingkungan berkadar oksigen sangat rendah adalah …
A. Halobacterium sp
B. Methanococcus sp
C. Sulfolobus sp
D. Thermoplasma
E. Eschirichia coli
26. pemindahan bahan genetik (ADN) secara langsung antara dua sel bakteri melalui jembatan sitoplasma yang berbentuk secara khusus di sebut …
A. Konjugasi
B. Transformasi
C. Thermoproteus
D. Phyrobacullum
E. Phirococcus
A. Bakteri autrotof
B. Bakteri heterotrof
C. Bakteri kemoautrotof
D. Bakteri fotoautrotof
E. Bakteri gram negative
25. Anggota Archaebacteria yang hidup di lingkungan berkadar oksigen sangat rendah adalah …
A. Halobacterium sp
B. Methanococcus sp
C. Sulfolobus sp
D. Thermoplasma
E. Eschirichia coli
26. pemindahan bahan genetik (ADN) secara langsung antara dua sel bakteri melalui jembatan sitoplasma yang berbentuk secara khusus di sebut …
A. Konjugasi
B. Transformasi
C. Thermoproteus
D. Phyrobacullum
E. Phirococcus
27. Bakteri yang bermanfaat dalam proses pembuatan yogurt adalah …
A. Accetobacter xylinum
B. Streptococcus lactis
C. Streptococcus thermophilus
D. Lactobasilus bulgaricus
E. Eschirichia coli
28. Salah satu cara untuk membuktikan bahwa bakteri merupakan suatu benda hidup dilakukan dengan cara
A. Mengamati dengan mikroskop adanya proses pernapasan
B. Membiakan pada medium yang sesuai
C. Mengamati dengan mikroskop elektron adanya DNA
D. Mengamati dengan mikroskop elektron bentuk stukturnya
E. Menganalisis unsur-unsur kimia pembentuk tubuhnya
29. Seorang siswa mengamati setetes air, dan ditemukan organisme dengan ciri-ciri:
1) Bentuk selalu berubah-rubah
2) Bergerak dan menangkap mangsa dengan menggunakan kaki semu
3) Memiliki vakuola kontraktil berfungsi sebagai osmoregulasi
4) Reproduksi dengan pembelahan biner
Berdasarkan cirri-ciri di atas, organism tersebut masuk dalam kelas …
A. Mastighopora
B. Sporozoa
C. Rhizopoda
D. Flagellate
E. Ciliophora
30. Prostita mirip hewan yang mampu mengeluarkan cahaya dimalam hari adalah …
A. Euglena viridis
B. Euglena sanguine
C. Volvox globator
D. Panstrongylus megistus
E. Noctiluca miliaris
A. Accetobacter xylinum
B. Streptococcus lactis
C. Streptococcus thermophilus
D. Lactobasilus bulgaricus
E. Eschirichia coli
28. Salah satu cara untuk membuktikan bahwa bakteri merupakan suatu benda hidup dilakukan dengan cara
A. Mengamati dengan mikroskop adanya proses pernapasan
B. Membiakan pada medium yang sesuai
C. Mengamati dengan mikroskop elektron adanya DNA
D. Mengamati dengan mikroskop elektron bentuk stukturnya
E. Menganalisis unsur-unsur kimia pembentuk tubuhnya
29. Seorang siswa mengamati setetes air, dan ditemukan organisme dengan ciri-ciri:
1) Bentuk selalu berubah-rubah
2) Bergerak dan menangkap mangsa dengan menggunakan kaki semu
3) Memiliki vakuola kontraktil berfungsi sebagai osmoregulasi
4) Reproduksi dengan pembelahan biner
Berdasarkan cirri-ciri di atas, organism tersebut masuk dalam kelas …
A. Mastighopora
B. Sporozoa
C. Rhizopoda
D. Flagellate
E. Ciliophora
30. Prostita mirip hewan yang mampu mengeluarkan cahaya dimalam hari adalah …
A. Euglena viridis
B. Euglena sanguine
C. Volvox globator
D. Panstrongylus megistus
E. Noctiluca miliaris
31. Jenis alga yang berguna untuk obat-obatan:
A. Gelidium
B. Chondrus
C. Alginat
D. Porphyra
E. Chlorella
32. Postita mirip jamur adalah
A. Myxomycota dan Oomycota
B. Rhizopoda dan Sporozoa
C. Myxomycota dan Oomycota
D. Flagelata dan Ciliata
E. Chlorophyta dan Rhodophyta
33. Jamur yang dimanfaatkan dalam pembuatan tempe adalah …
A. Aspergilus wenti
B. Mucor javanicus
C. Mucor mucedo
D. Rhizopus oligosporus
34. Spora pada proses perkembangbiakan secara generatif pada Ascomicotina dihasilkan dalam …
35. Salah satu jamur yang termasuk Deuteromycotina yang menyebabkan layu pada bibit-bibit tanaman adalah …
A. Helminthosprium oryzae
B. Sclerotium rolfsii
C. Monila sitophila
D. Tinea versicolor
E. Verticillium
36. Hifa pada mikoriza pada tanaman bersimbiosis dengan:
A. Batang
B. Akar
C. Daun
D. Bunga
E. Buah
A. Gelidium
B. Chondrus
C. Alginat
D. Porphyra
E. Chlorella
32. Postita mirip jamur adalah
A. Myxomycota dan Oomycota
B. Rhizopoda dan Sporozoa
C. Myxomycota dan Oomycota
D. Flagelata dan Ciliata
E. Chlorophyta dan Rhodophyta
33. Jamur yang dimanfaatkan dalam pembuatan tempe adalah …
A. Aspergilus wenti
B. Mucor javanicus
C. Mucor mucedo
D. Rhizopus oligosporus
34. Spora pada proses perkembangbiakan secara generatif pada Ascomicotina dihasilkan dalam …
35. Salah satu jamur yang termasuk Deuteromycotina yang menyebabkan layu pada bibit-bibit tanaman adalah …
A. Helminthosprium oryzae
B. Sclerotium rolfsii
C. Monila sitophila
D. Tinea versicolor
E. Verticillium
36. Hifa pada mikoriza pada tanaman bersimbiosis dengan:
A. Batang
B. Akar
C. Daun
D. Bunga
E. Buah
I. Jawablah dengan benar!
1. Sebutkan 5 Cabang-cabang biologi beserta yang dipelajarinya!
2. Indonesia dibagi menjadi 3 bagian persebaran flora dan fauna, senbutkan dan berikan masing-masing 3 contah fauna!
3. Gambarkan salah satu struktur tubuh virus beserta penjelasanya!
4. Sebutkan bakteri yang menguntungkan dan merugikan (masing-masing 3 bakteri)
5. Apa perbedaan antara jamur saprofit dan parasit ?
1. Sebutkan 5 Cabang-cabang biologi beserta yang dipelajarinya!
2. Indonesia dibagi menjadi 3 bagian persebaran flora dan fauna, senbutkan dan berikan masing-masing 3 contah fauna!
3. Gambarkan salah satu struktur tubuh virus beserta penjelasanya!
4. Sebutkan bakteri yang menguntungkan dan merugikan (masing-masing 3 bakteri)
5. Apa perbedaan antara jamur saprofit dan parasit ?