15 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

selamat datang, kumpulan soal disini akan memberikan materi Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Wirausaha berasal dari kata wira yang artinya utama gagah, luhur, berani, teladan atau pejuang dan juga usaha yang artinya suatu kegiatan yang dilakukan secara terus menerus untuk mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memperoleh keuntungan. Berdasarkan kedua makna tersebut maka dapat disimpulkan bahwa wirausaha merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan usaha dalam rangka memperoleh keuntungan. Sedangkan untuk bisa memperjelas definisi dari wirausaha, maka berikut ini merupakan definisi wirausaha secara umum dan menurut para ahli.

Pengertian Kewirausahaan Secara Menurut Para Ahli


Secara umum, wirausaha dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan untuk mengerjakan sesuatu yang baru atau kreatif dan juga inovatif yang memberikan manfaat dengan nilai yang lebih. Sedangkan definisi wirausaha menurut para ahli adalah sebagai berikut :

1. Geoffrey G. Meredith

Meredith berpendapat bahwa wirausaha merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan dalam melihat dan juga menilai kesempatan-kesempatan yang ada dalam dunia bisnis dan mengumpulkan seluruh sumber daya yang dibutuhkan dalam rangka menciptakan keuntungan dengan menggunakan tindakan yang tepat untuk memastikan suatu kesuksesan.

2. Joseph Schumpeter (1934)

Schumpeter merupakan seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui suatu kombinasi-kombinasi baru. Biasanya kombinasi-kombinasi tersebut dikenalkan dalam bentuk perkenalan produk baru, memperkenalkan metode produksi yang baru, membuka pasar yang baru, memperoleh sumber pemasukan yang baru dan juga menjalankan suatu organisasi yang baru dalam suatu industri.

3. Eddy Soeryanto Soegoto

Soegoto memaparkan kewirausahaan merupakan suatu usaha kreatif yang dibangun atas dasar inovasi yang berguna untuk menghasilkan sesuatu hal yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan banyak manfaat, menciptakan lapangan pekerjaan dan hasil memiliki banyak manfaat untuk kehidupan orang lain.

4. Zimmerer (1996)

Zimmer menyebutkan bahwa kewirausahaan merupakan suatu proses penerapan sebuah inovasi dan kreativitas untuk memecahkan suatu persoalan dan juga menemukan peluang yang digunakan untuk memperbaiki kehidupan usaha.

5. Drs. Joko Untoro

Sedangkan menurut Drs. Joko Untoro mengutarakan bahwa kewirausahaan sebagai suatu keberanian yang digunakan untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup yang akan dilakukan oleh seseorang berdasarkan dengan kemampuan yang memanfaatkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk dirinya sendiri dan juga orang lain.

6. Arif F. Hadipranata

Hadipranata mendefinisikan wirausaha sebagai sosok yang berani mengambil dan menanggung segala macam risiko yang diperolehnya dari semua kegiatan usaha yang akan dilakukannya.



7. Andrew J Dubrin

Sedangkan Dubrin menjelaskan wirausaha sebagai seseorang yang melakukan berbaahai hal yang inovatif dan juga bermanfaat untuk sesama.

8. Robbin dan Coulter

Robbin dan Coulter menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang atau kelompok akan memberikan segala daya dan upayanya yang telah terorganisasi untuk bisa mencari suatu peluang dan menciptakan sesuatu yang memiliki kegunaan dan juga manfaat dari sebuah inovasi dan keunikan tanpa harus memerhatikan sumber daya yang digunakannya pada saat itu.

9. Jean Baptista Say

Baptista menjelaskan bahwa wirausaha merupakan penggabungan berbagai macam alat produksi yang digunakan untuk memperoleh sesuatu yang bermanfaat dari apa yang telah diproduksinya.

10. Penrose

Penrose menyebutkan definisi wirausaha sebagai salah satu kegiatan yang mencakup
berbagai macam kesempatan atau peluang yang teridentifikasi dalam suatu sistem perekonomian,

11. Raymond

Raymond menjelaskan bahwa wirausaha merupakan seseorang yang kreatif dan juga inovatif yang mmeiliki kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut dalam suatu karya yang bisa membawa kesejahteraan di lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

12. Kasmir

Kasmir menyebutkan bahwa wirausaha merupakan orang-orang yang mempunyai keberanian dalam pengambilan risiko dari peluang usaha yang ada dengan harapan untuk bisa meraihh sebuah pembelajaran yang baru.

13. Hervey Leibenstein

Hervey Leibenstein menyebutkan kewirausahaan sebagai salah satu kegiatan yang digunakan untuk melaksanakan serta menciptakan sebuah produk yang belum pernah dipasarkan dan belum teridentifikasi dengan jelas.

14. Peter F Drucker

Peter Drucker berpendapat bahwa wirausaha merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk bisa menciptakan sesuatu yang unik, inovatif dan juga memiliki banyak nilai kegunaan.

15. Kathleen

Kathleen menyebutkan wirausaha sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dalam menjalankan, mengatur dan juga berani mengambil risiko dari suatu pekerjaan yang dilakukan di dalam dunia usaha.

demikian 15 pengertian kewirausahaan menurut para ahli

Berlangganan update artikel terbaru via email:

edited-image_1

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel